Bus anti macet dari China


 

Bus ini dirancang oleh perusahaan Shenzhen Huashi Future Parking Equipment  untuk dijalankan di atas rel atau jalur khusus  dan bus masing-masing berisi empat bagian yang dapat membawa ratusan penumpang. Dengan kecepatan tertinggi 80 km/jam dan rata-rata 40 km/jam. Bus yang disebut dengan nama “straddling bus” atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan bus kangkang. Bus ini memiliki terowongan di bawahnya yang dapat dilalui oleh mobil.

Bus ini juga lebih ramah lingkungan daripada bus bertenaga diesel karena menggunakan energi listrik kota dan dilengkapi dengan energi matahari yang dikumpulkan oleh panel di bagian atap. Manfaat dari bus dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, biaya konstruksi yang lebih murah dan waktu yang lebih cepat daripada membuat monorail dan kereta bawah tanah.

Bagian dalam dari "straddling bus"

Konstruksi trayek pertama sepanjang 115 mil akan dibangun di Distrik Mentougou, Beijing. Ini bukan lagi proyek impian. Sebab, pembangunannya akan dimulai akhir 2010. Direktur Huashi Future Parking Equipment, mengklaim sistem ini relatif murah dan singkat. Hanya butuh waktu setahun dengan biaya ‘hanya’ memerlukan biaya 500 juta yuan atau US$73 juta untuk membangun sistem transportasi futuristik ini.

SUMBER

Posted on 30/10/2010, in Berita, Ilmu and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: